PERBEDAAN WORDPRESS DAN BLOGSPOT


perbedaan wordpress dengan blogspot

blogspot-wordpress

Theme alias template

WordPress tidak mengizinkan otak-atik theme/template. Sedangkan blogspot mengizinkan

theme adalah tampilan dari blog kita. ibarat HP, theme adalah casingnya. atau lebih tepatnya barangkali ya theme hp nya kali ya. saya harap pembaca sekalian sudah jelas dengan istilah theme. Di wordpress, kita hanya bisa memilih theme yang telah tersedia. sedangkan di blogspot, kita bisa memilih dan mengotak-atik kode dari theme blog kita.

Statistik

WordPress terpasang statistik otomatis sedangkan blogspot harus pasang script

statistik dalah hal ini adalah grafik yang menunjukkan misalnya; berapa jumlah pengunjung tiap hari, dari situs mana mereka datang, dari kata kunci apa saja mereka menemukan blog kita di google, dan lain-lain. Di wordpress, kita sudah mendapatkan statistik yang sudah terpasang secara otomatis. artinya tinggal pakai. sedangkan di blgspot, karena konsepnya minimalis, fitur ini tidak di sediakan. Sehingga kita perlu memasang statistik sendiri jika ingin mengetahui data pengunjung yang masuk ke web atau blog kita.

Tipe postingan

Di wordpress ada tipe “pages” dan “post” sedangkan di blogspot hanya ada “post”.

(baca perbedaan post dengan page)

Pengelompokan postingan

wordpress: bisa pakai tag dan categories (baca perbedaan tag dan categories)

blogspot: hanya tersedia label. label dapat dipersamakan sebagai tag pada wordpress.

Pemasangan script

blogspot mengizinkan javascrip, wordpress tidak mengizinkan javascript.

Bagi orang yang senang berbisnis PPC, (apa itu PPC?) wordpress bukanlah media yang tepat untuk berbisnis PPC. kenapa? Karena wordpress tidak mengizinkan javascript. Java script ini digunakan untuk menampilkan iklan dari PPC. Ada yang pernah nekat memasang javascript di wordpress. Tapi o-la-la iklan PPC tersebut tidak muncul. Tapi ketika nyoba di blogspot, wala… iklan PPC yang di pasang bisa muncul.

Penanganan komentar

wordpress ada fitur untuk mengedit komentar, sedangkan di blogspot tidak ada.

Di wordpress, pemilik blog memiliki wewenang untuk melakukan penyensoran terhadap komentar2 yang masuk. Sedangkan di blogspot berlaku pepatah; “take it or leave it”. Anda tentu tahu bahwa maksudnya adalah; setujui atau buang saja.

Dari hasil perbandingan wordpress dengan blogspot diatas, kita bisa melihat bahwa fitur2 yang disediakan oleh blogspot tergolong fitur2 sederhana. Seseorang yang mempunyai hasrat tinggi untuk menyalurkan ide2nya, namun tidak pengin berurusan dengan fitur-fitur aneh dalam dalam menulis, bisa dipastikan akan memilih blogspot. Sedangkan orang2 yang ingin ngeblog dengan fitur yang sedikit lebih “advanced” dan tinggal pake, tentu akan memilih wordpress.

Mana yang lebih bagus? Well, tampaknya kita harus kembali ke pepatah jadul; segala hal memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Termasuk dalam memilih wordpress atau blogspot.
 
 

Artikel Terkait :

 
 
Like This Arekmbolong.wordpress.com

Daftar Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s